Mengenal Istilah Pinjaman Dalam FDB


  1. Pinjaman on farm adalah pinjaman untuk usaha yang secara langsung memproduksi hasil hutan dan hasil lainnya.
  2. Pinjaman Off Farm adalah pinjaman untuk usaha yang secara tidak langsung mendukung, berdampak positif dan/atau menghasilkan nilai tambah terhadap kegiatan on farm.
  3. Pinjaman Pembuatan Tanaman Kehutanan adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai Usaha Kehutanan dalam rangka menghasilkan hasil hutan kayu dan/atau bukan kayu bernilai ekonomi tinggi.
  4. Pinjaman Refinancing Tanaman Kehutanan adalah jenis FDB Pinjaman untuk mengganti sebagian atau seluruh biaya pembangunan usaha kehutanan dalam rangka menghasilkan hasil hutan kayu dan/atau bukan kayu bernilai ekonomi tinggi.
  5. Pinjaman Wanatani adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai usaha kehutanan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan lahan hutan melalui budidaya kombinasi tanaman kehutanan sebagai tanaman pokok dengan komoditas non kehutanan.
  6. Pinjaman Pembibitan Tanaman Kehutanan adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai usaha pengadaan dan distribusi bibit tanaman kehutanan berkualitas unggul yang dapat mendukung seluruh Usaha Kehutanan On Farm.
  7. Pinjaman Pemeliharaan Tanaman Kehutanan adalah jenis FDB Pinjaman untuk pemeliharaan tanaman kehutanan.
  8. Pinjaman Tunda Tebang Tanaman Kehutanan adalah jenis FDB Pinjaman untuk mendukung upaya menunda penebangan pohon agar dicapai umur masak tebang, sehingga diperoleh nilai ekonomi pohon yang optimal.
  9. Pinjaman Budidaya Komoditas Non Kehutanan Pola Wanatani adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai budidaya komoditas non kehutanan yang dikombinasikan dengan tanaman kehutanan yang telah ada dalam rangka optimalisasi pemanfaatan lahan hutan.
  10. Pinjaman Pemanenan Tanaman Kehutanan adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai kegiatan penebangan dan pengangkutan sampai tempat pengumpulan kayu dan sebagai insentif bagi pelaku usaha kehutanan yang dapat mempertahankan tanaman kehutanan yang dimiliki sampai masa panen.
  11. Pinjaman Pemungutan HHBK adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai usaha pemungutan HHBK pada hutan lindung, zona atau blok pemanfaatan tradisional hutan konservasi, hutan produksi atau lahan milik.
  12. Pinjaman Pengolahan Hasil Hutan adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai usaha pengolahan hasil hutan dan hasil lainnya yang dihasilkan dari Usaha Kehutanan On Farm.
  13. Pinjaman Sarana Produksi adalah jenis FDB Pinjaman untuk membiayai usaha penyediaan sarana produksi Usaha Kehutanan On Farm


Sumber BLU-Pusat P2H